Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran PPL - Febriman Zendrato

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, December 5, 2018

Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran PPL

LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN 

Nama Mahasiswa : Febriman Zendrato (15100025)
Program Studi : Pendidikan Fisika
Sekolah Tempat Latihan : SMA Negeri 5 Medan
Kelas : X MIPA 7
Mata Pelajaran : Fisika
Hari/tanggal : Kamis, 09 Agustus 2018
Pukul : 12:15 WIB



A. PENDAHULUAN


1. Ketika masuk kelas, guru mengerjakan : 

Ketika masuk kelas, guru memberi salam kepada siswa. Kemudian mengecek kebersihan ruangan serta kerapian siswa dan posisi tempat duduk. Lalu berdoa sejenak bersama siswa. 



2. Guru membuka pelajaran dengan cara : 

Guru membuka pelajaran dengan cara membacakan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa serta memberikan gambaran materi yang akan dipelajari sesuai yang ada dalam kehidupan sehari-hari. 


3. Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan? Berikan alasan! 

Sesuai. Guru membuka pelajaran dengan terlebih dahulu memberi pengantar materi yang akan dipelajari yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, lalu memberikan poin-poin besarnya dan menghimbau siswa untuk duduk secara berkelompok.


4. Berapa menit tahap pendahuluan berlangsung?

Tahap pendahuluan berlangsung sekitar 20 menit. 


5. Bagaimana perhatian siswa terhadap guru? 

Perhatian siswa terhadap guru sangat terfokus sehingga suasana kelas menjadi kondusif dan tenteram. 




B. PENYAJIAN 

1. Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran?

Cara guru menyajikan materi pokok pelajaran dengan menguraikan garis-garis besar dari materi yang diajarkan kemudian guru menyuruh siswa untuk mendalaminya dengan cara berdiskusi secara berkelompok. 


2. Selama pelajaran berlangsung, berapa kali guru bertanya kepada siswa? 

Selama pelajaran berlangsung guru bertanya kepada siswa sekitar 6 pertanyaan. 


3. Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru? 

Siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru sebanyak 3 siswa. 


4. Selama pelajaran berlangsung apakah ada :
a. Siswa mengajukan pertanyaan? 

Ya. Ada beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan. 


b. Bagaimana cara guru menilai hasil belajar siswa? 

Cara guru menilai hasil belajar siswa dari keaktifan siswa, disiplin, tugas, ulangan harian serta dari absensi siswa. 


c. Siswa menganggu kelas, jika ada, bagaimana cara guru mengatasinya? 

Tidak ada siswa yang mengganggu kelas selama pelajaran. 


d. Berapa lama pelajaran ini berlangsung? 

Pelajaran ini berlangsung sekitar 135 menit. 




C. PENUTUP

1. Apa yang dilakukan guru mengakhiri pelajaran? 

Yang dilakukan guru ketika mengakhiri pelajaran yaitu merangkum materi, memberikan pekerjaan rumah, memberitahukan materi untuk pertemuan selanjutnya dan mengakhiri dengan memberi salam. 


2. Bagaimana cara guru menilai hasil belajar? 

Cara guru menilai hasil belajar siswa dari keaktifan siswa, disiplin, tugas, ulangan harian serta dari absensi siswa. 


3. Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah ke pengajaran lain atau istirahat? 

Yang dilakukan guru yaitu memberikan motivasi 


4. Berapa bagian penutup ini berlangsung? 

Bagian penutup ini berlangsung sekitar 15 menit. 


5. Tuliskan kesan umum Anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang Anda amati? 

Kesan Saya terhadap kegiatan belajar mengajar yang Saya amati yaitu guru pamong memiliki cara mengajar yang baik serta tegas. Guru pamong juga selalu memperhatikan kerapian ruangan dan kerapian siswa serta kedisiplinan saat pelajaran sedang berlangsung. 


Medan, 9 Agustus 2018
Disetujui,                                                                                 Diketahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Pamong



Drs. Harris H. Simamora, M.Si                                          Imelda Marsinta Sitohang, S.Pd
            NIP : 19600623 198803 1 003                                               NIP : 19690106 199203 2 001                                                                                                       

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here